Sabtu, 03 Desember 2011

Jawaban soal UAS MK Pengembangan Sumber Belajar

SOAL PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR

SOAL UAS PASCA SARJANA PROGRAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS ISLAM ASYAFI’IYAH



[1]  Jelaskan pengertian sumber belajar yang dikutip, minimal 5 pendapat para ahli, kemudian dikemas menjadi pendapat saudara sendiri.

Jawab ; Lima Sumber Belajar Menurut Para Ahli

1)     Menurut Associaton Education Communication and technology AECT  (As’ari,2007 ) sumber belajar  yaitu berbagai atau semua sumber  baik berupa data , orang dan wujud tertentu yang dpat digunakan siswa dalam belajar baik secara terpisah maupun terkombinansi sehingga memperendah siswa dalam mencapai tujuan belajar. Sumber belajar menurut AECT ( Suratno,2008 ) meliputi semua sumber yang dapat digunakan oleh pelajar baiksecara terpisah maupun dalam butuh gabungan ,biasanya dalam situasi informasi untuk memberikan fasilitas belajar.sumber itu meliputi pesan ,orang, bahan, peralatan, teknik dan tata tempat.

2)     Sujana ( Suratno,2008 ) menuliskan bahwa pengertian sumber belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas.

Pengertian secara sempit diarahkan pada bahan-bahan letak. Sedangkan secara luas tidak lain adalah daya yang bisa di manfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar,baik secara langsung maupun tidak langsung.

3)     Menurut Feripal dan Elinghton ( 1988:124 ) memberikan batasan bahwa sumber belajar adalah “ Satu set bahan atau situasi belajar dengan sengaja diciptakan agar siswa secara individual dapat belajar “

4)     Sadiman ( 1989 ) Menyatakan bahwa “Segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang ( peserta didik ) dan yang memungkinkan dan memudahkan terjadinya proses sumberbelajar “.Jadi , dari pengertian ini sumber  itu dapat berupa manusia maupun non manusia atau juga sumber  belajar yang di rancang maupun yang di manfaatkan.

5)     Menurut Edgan Dale yang di kutip oleh Rohani ( 1990 : 153 ) yang mengatakan bahwa “Sumber belajar itu pengalaman”.Sumber belajar dalam pengertian tersebut menajdi sangat luas maknanya seluas hidup itu sendiri karena segalasesuatu yang di alami di anggap sebagai sumber belajar.

Kesimpulan :

Setelah saya baca dari kelima pengertian  sumber belajar menurut para ahli , saya simpulkan bahwa sumber belajar adalah mencakup apa saja yang dapat di gunakan untuk membantu tiap orang untuk  belajar dan menampilkan kompetensinya , sumber belajar akan menjadi bermakna bagi peserta didik maupun guru apabila sumber belajar  di organisir melalui satu rancangan yang memungkinkan seseorang dapat memanfaatkannya sumber belajar.Jika tidak maka tempat atau lingkungan alam sekitar,benda,orang dan atau buku hanya sekedar tempat,benda,orang atau buku yang tidak ada artinya apa-apa. Jadi,untuk mendapatkan gairah siswa dalam belajar,siswa perlu di beri kesempatan untuk mencari data dari berbagai sumber agar dapat belajar  dengan sebaik-baiknya.



[2]  Jelaskan perbedaan sumber belajar dengan bahan ajar dan uraikan beserta contohnya

Jawab ;

Perbedaan Sumber belajar dengan bahan ajar

a.       Sumber belajar adalah  segala sesuatu atau daya yang dapat di manfaatkan oleh guru,baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan,untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran. Dengan demikian  maka sumber belajar juga dapat berupa :

- Tempat atau lingkungan alam sekitar yaitu dimana saja seseorang dapat melakukan belajar atau proses perubahan tingkah laku maka tempat itu dapat di kategorikan sebagai tempat belajar yang berarti sumber belajar,misalnya : perpustakan , pasar , museum , sungai , gunung , tempat pembuangan sampah , kolam ikan , dll. Benda yaitu segala benda yang memungkinkan terjadinya perubahan tingkah laku bagi peserta didik , maka benda itu dapat di kategorikan sebagi sumber belajar. Misalnya : Situs , Candi , Benda peninggalan lainnya.
- Orang yaitu siapa saja yang memiliki keahlian tertentu dimana peserta didik dapat belajar sesuatu , maka yang bersangkutan dapat di kategorikan sebagai sumber belajar .Misalnya : Guru, ahli geologi , polisi dan ahli-ahli lainnya .
- Bahan yaitu segala sesuatu yang berupa teks tertulis , cetak , rekaman elektronik web , dll yang dapat di gunakan untuk belajar .- Buku yaitu segala macam buku yang dapat di baca  secara mandiri oleh peserta didik dapat di kategorikan sebagai sumber belajar .Misalnya : Buku pelajaran , buku teks , kamus , ensiklopedi , piksi dll  Peristiwa dan fakta yang sedang terjadi , misalnya : peristiwa kerusuhan , peristiwa bencana , dan peristiwa lainnya yang guru dapat menjadikan peristiwa atau fakta sebagi sumber belajar .

b.      Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang di gunakan untuk membantu guru atau instructor  dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang di maksud bisa bahan tertulis  maupun bahan tidak tertulis . Bahan ajar merupakan seperangkat materi atau substansi pembelajaran yang di susun secara sistematis , menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan di kuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran .Misalnya :

1.      Auditiv yang menyangkut radio , kaset , piringan hitam.

2.      Visual yang menyangkut Flipchart, gambar , film bisu , video bisu , program computer , bahan tertulis dengan dan tanpda gambar. 

3.      Audio  visual yang menyangkut berbicara dengan gambar , pertunjukan suara dengan gambar dan film atau video.

[3]  Secara skematik prosedur merancang sumber belajar mengikuti langkah sebagai berikut :                                                             

























Jelaskan ke-6 langkah tersebut ?

Langkah pertama mempelajari kurikulum. Sebelum guru menetukan sumber belajar yang akan digunakan, terlebih dahulu guru harus mempelajari silabus yang terdapat di dalam kurikulum mata pelajaran. Dalam silabus tersebut telah disebutkan standar kompetensi, kompetensi dasar, pokok bahasan materi pelajaran, kegiatan belajar yang akan dilakukan dalamn rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar, alat evaluasi, sumber belajar berupa buku teks dan alokaasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan  suatu pokok bahasan.

Langkah kedua menetapkan kompetensi siswa yang hendak dicapai. Kompetensi siswa yang hendak dicapai berupa kompetensi dasar dirumuskan dalam bentuk  indikator-indikator yang dijadikan tolok ukur bagi pencapaian kompetensi dasar tersebut. Berdasar indikator-indikator ini dirumuskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dalam kegiatan belajar mengajar setelah guru menyelesaiakn pelajaran dalam satu kali atau beberapa kali pertemuan.

Langkah ketiga memilih dan menentukan materi yang akan disajikan. Setelah guru menentukan kompetensi dasar dan merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai berdasarkan indikator-indikator yang dijabarkan dari kompetensi dasar, maka langkah selanjutnya guru memilih materi pelajaran yang akan disajikan berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Materi pelajaran tersebut disusun berdarakan hierarchis tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh guru, dimulai dari level yang mudah sampai pada level yang sukar.

Langkah kempat, memilih dan menentukan jenis dan sumber belajar. Berdasarkan tujuan pembelajaran tersebut maka guru menentukan kegiatan belajar mengajar dan jenis serta sumber belajar yang akan digunakan dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

Langkah kelima, mengembangkan sumber belajar. Selanjutnya guru  melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan jenis dan sumber belajar yang telah ditentukan dengan menggunakan berbagai metode yang dianggap relevan dengan tujuan yang akan dicapai.

Langkah keenam. mengevaluasi sumber belajar. Evaluasi sumber belajar adalah penilaian yang dilakukan guru terhadap pelaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan  jenis dan sumber belajar yang telah ditentukan, Dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dengan menggunakan jenis dan sumber belajar itu berhasil dengan baik.

[4]  Buatlah rencana pembelajaran/RPP dalam persiapan mengajar saudara dalam kelas, yang disesuaikan dengan kondisi kelas, letak geografis, keterbatasan sarana dan lain-lain, dengan melibatkan sumber belajar secara optimal ?

Jawab ;

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

mata Pelajaran   : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

kelas/semester   : VI (enam) / 1 (satu)

Alokasi Waktu    : 2x35 menit



I.                   Standar Kompetensi

1.      Memahami hubungan antara cirri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.

II.                Kompetensi Dasar

1.      Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri  khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, dan Bebek) dengan lingkungan hidupnya.

III.             Indikator

1.      Mengidentifikasi contoh hewan yang memiliki cirri khusus.

2.      Menjelaskan cirri khusus yang dimiliki hewan tertentu, missal: kelelawar, cicak, dan Bebek.

IV.              Tujuan Pembelajar

Ø  Siswa dapat mengidentifikasi contoh hewan yang memiliki cirri khusus.

Ø  Siswa dapat  menjelaskan cirri khusus yang dimiliki hewan tertentu, missal: kelelawar, cicak, dan Bebek.



V.                 Materi Pokok (Materi Ajar)

Ø  Hubungan antara cirri-ciri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungan hidupnya missal :

1.      Kelelawar mempunyai kemampuan ekolokasi untuk memperoleh makanannya ditempat yang gelap.

2.      Cicak mempunyai telapak kaki  yang berperekat untuk berjalan/merayap di dinding

3.      Bebek mempunyai kaki berselaput untuk dapat berjalan di lumpur dan berenang di air

VI.              Metode Pembelajaran

Ø  Ceramah, Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas

VII.           Kegiatan Pembelajaran

A.      Pendahuluan

-        Apersepsi dengan cara bertanya jawab tentang adaptasi hewan terhadap lingkungannya

-        Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini

-        Penjelasan tentang tugas siswa

B.      Kegiatan Inti

-        Penjelasan contoh hewan yang memiliki cirri khusus seperti pada hewan kelelawar, cicak dan bebek.

-        Siswa-siswa mencamkan penjelasan guru

-        Siswa mencari informasi tentang hewan yang mempunyai cirri-ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya

-        Siswa mengamati gambar hewan, kemudian menuliskan cirri khususnya

-        Siswa mengerjakan tugas kelompok

-        Setelah selesai, siswa melaporkan hasil diskusi kelompoknya masing-masing secara bergantian

-        Kelompok lain memberikan tanggapan

C.      Kegiatan Akhir

-        Evaluasi tertulis

-        Penugasan membuat kliping gambar hewan

-        Mengumpulkan hasil pembelajaran

VIII.        Alat dan sumber belajar

Alat          : lembar tugas (terlampir)

Sumber    :  -    silabus / KTSP

-          Buku IPA jilid 6 dari berbagai macam penerbit

-          Gambar hewan Kelelawar, Cicak dan Bebek

-          Buku – buku yang berkaitan dengan materi

IX.              Penilaian

Ø  Test Tertulis       : mengerjakan soal-soal test



Mengetahui ;                                                  jambe,…………….2011

Kepala Sekolah,                                             Guru Kelas



(Nama Kepala Sekolah)                                 (Nama Guru Kelas)

NIP.                                                                      NIP.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar